Apakah Aman Ikut Rafting Saat Hujan di Bali?

Apakah Aman Ikut Rafting Saat Hujan di Bali

Rafting adalah kegiatan liburan yang menyenangkan. Namun, mungkin Anda bertanya-tanya apakah aman ikut rafting saat hujan?

Apakah aman ikut rafting saat hujan? Mungkin itulah pertanyaan yang sering dilontarkan para wisatawan yang ingin menikmati rafting tetapi terkendala musim yang tidak teratur. Hujan dapat terjadi sekitar bulan Desember sampai Februari yang merupakan waktu liburan. Berikut uraian sekilas mengenai rafting ketika hujan.

Apakah Aman Ikut Rafting Saat Hujan di Lokasi Rafting Berikut

Wisata rafting di Bali menjadi pilihan ketika musim libur datang. Bali memiliki beberapa destinasi wisata khusus rafting yang selalu ramai pengunjung.

1. Telaga Waja

Telaga Waja merupakan sungai di Bali yang dijadikan sebagai lokasi rafting. Arus yang aman tetapi tetap seru membuat Telaga Waja sering menjadi rekomendasi. Telaga Waja berada di Karangasem. Anda dapat pergi ke lokasi ini menggunakan mobil dari rental mobil Bali.

2. Ayung

Lokasi rafting lainnya adalah sungai Ayung. Saat rafting Anda akan ditemani oleh guide berpengalaman. Guide sering mendapatkan pertanyaan apakah aman ikut rafting saat hujan dan mereka berani menjamin keamanan pelanggannya.

Apakah Aman Ikut Rafting Saat Hujan Berdasarkan Guide dan Testimoni Pelanggan
Saat hujan, ada banyak kondisi yang tidak terduga dan dapat membahayakan orang. Wajar saja apabila banyak orang yang ingin rafting menjadi ragu dan bertanya apakah aman ikut rafting saat hujan.

Guide arung jeram tidak akan membatalkan kegiatan arung jeram yang telah dijadwalkan. Guide dapat menjamin keamanan pelanggannya yang ingin arung jeram saat hujan. Ada beberapa alasan yang menjadi dasar mengapa aktivitas rafting tetap dilakukan ketika hujan berlangsung.

Bahaya yang dapat terjadi saat rafting bukan berasal dari hujan, melainkan sungai yang menjadi lokasi rafting. Ketinggian sungai dan kecepatan sungai adalah dua faktor yang menjadi perhatian para guide sebelum melakukan rafting.

Jadi, guide dapat pertanyaan apakah aman ikut rafting saat hujan dengan jawaban tidak. Selama sungai tidak tinggi dan arus sungai masih sesuai batas untuk arung jeram orang awam. Beberapa orang bertestimoni bahwa rafting saat hujan akan membuat kegiatan menjadi semakin seru.

Apakah Aman Ikut Rafting Saat Hujan dan Tips yang Perlu Dilakukan

Meskipun tergolong aman, Anda tetap harus memperhatikan banyak hal. Anda dapat menerapkan tips rafting saat hujan agar semakin yakin dan aman.

1. Memilih sesi pagi

Apabila Anda mengikuti kegiatan rafting saat musim hujan, Anda dapat memilih rafting pada sesi pagi. Hujan saat pagi biasanya lebih aman karena curah hujan masih rendah sehingga aliran sungai masih pelan.

2. Memilih operator rafting berpengalaman dan mengutamakan keamanan

Keamanan adalah aspek yang paling penting saat rafting terutama saat musim hujan. Anda dapat membaca berbagai review mengenai operator rafting yang memiliki guide berpengalaman dan menerapkan standar keamanan tinggi.

Hal lain yang dapat Anda perhatikan adalah mencari guide yang tidak sekadar berpengalaman tetapi juga dapat memberikan rasa aman bagi pelanggannya ketika melaksanakan kegiatan rafting.

3. Menggunakan mobil saat berangkat

Lebih baik Anda menggunakan mobil saat menuju lokasi rafting. Hal tersebut akan lebih aman dan nyaman. Motor memang lebih praktis dan murah jika menyewa dari rental motor Bali. Namun hal tersebut akan membuat Anda repot ketika hujan turun.

4. Membawa pakaian ganti

Kegiatan rafting itu sendiri dapat membuah Anda basah kuyup. Ditambah lagi dengan rafting saat hujan. Pakaian ganti dapat mencegah Anda dari penyakit seperti flu atau mencegah Anda merasa menggigil.

Berdasarkan penjelasan, maka Anda sudah dapat menjawab pertanyaan apakah aman ikut rafting saat hujan. Jangan lupa untuk memperhatikan instruksi guide mengenai apa saja yang boleh dilakukan dan dilarang.